MENTERI DESA ABDUL HALIM ISKANDAR INTRUKSIKAN PENYALURAN BLT DANA DESA SEBELUM 24 MEI 2020

BLT Dana Desa Tidak Boleh Dipotong Rp 1 Rupiah Pun…!!!

Arjuna

ArjunaNews, SUMATERA UTARA  – Dalam rangka percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar mengintruksikan kepada Kepala Desa se Indoenesia untuk menyalurkan BLT Dana Desa sebelum tanggal 24 Mei 2020. Intruksi Mendes PDTT RI No 1 Tahun 2020 pada tanggal 15 Mei 2020 dimaksudkan agar masyarakat desa yang terkena dampak Covid-19 segera menerima BLT Dana Desa.

Berdasarkan mekanisme data calon penerima BLT-DD dari pemerintah desa diverifikasi dan disahkan oleh Pemerintah Kabupaten / Kota atau didelegasikan ke Camat, dalam waktu 5 (lima) hari setelah pengajuan BLT-DD harus segera disalurkan. Oleh karena itu dalam Intruksi Mendes PDTT RI point dua (2) ditegaskan bahwa Desa dapat langsung menyaliurkan BLT Dana Desa tanpa menunggu pengesahan apabila penyerahan dokumen keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa kepada Bupati / Walikota sudah melebihi lima (5) hari kerja.

Intruksi Menteri Desa PDTT RI No 1 Tahun 2020

Keluarnya  intruksi Menteri Desa PDTT RI mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Menurut  Arjuna, pegiat desa Sumatera Utara bahwa ini sebagai langkah tepat dalam percepatan penanganan dampak dari wabah Covid-19.

“Kita mengapresiasi Menteri Desa PDTT dengan mengeluarkan intruksi percepatan penyaluran BLT Dana Desa sebagai pedoman dan pegangan bagi kepala desa, Intruksi tersebut justru memberi kepercayaan kepada kepala desa untuk berbuat semaksimal mungkin membantu warga desa yang terdampak Covid-19 khusunya keluarga kurang mampu yang belum mendapat bantuan PKH dan BPNT, keluarga kurang mampu akibat kehilangan mata pencaharian dan yang anggota keluarganya terkena penyakit kronis”. ujar Arjuna.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang selanjutnya disingkat BLT Dana Desa adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dengan keluarnya intruksi Mendes PDTT RI diharapkan kepada Kepala Desa yang belum mengajukan pengesahan data penerima BLT DD, segera mengajukan  kepada pemerintah Kabupaten/Kota diwilayahnya masing-masing, jika pengajuan sudah 5 hari dapat menyalurkannya, sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dan Kepala Desa untuk turun langsung ke lapangan, sehingga tanggal 23 Mei 2020 sudah tuntas penyaluran BLT Dana Desa.

Arjuna menambahkan, agar kepada semua pihak mengawasi pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa, kepada penerima BLT Dana Desa harus mengetahui bahwa pemberian BLT Dana Desa sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) per keluarga selama 3 bulan, dan Tidak Boleh Dipotong 1 Rupiah pun.

#BLTDDBerkah